3 Destinasi Populer Rayakan Imlek

April 30, 2018

Jatuh pada Jumat 16 Februari, tahun baru Imlek mengawali long weekend jadi tak ada salahnya untuk sesekali mencari suasana baru untuk merayakan Imlek bersama keluarga. Kami sudah siapkan 3 destinasi populer untuk rayakan Imlek dengan pelbagai ritualnya yang bisa dijadikan agenda berpelesir.

 

1. Solo, Jawa Tengah

Tahun Baru Imlek dirayakan di sekitar Pasar Gede, dekat Vihara Tien Kok Sie. Uniknya di sini, Imlek akan dirayakan oleh dua budaya yang berbeda, Tiongkok serta Jawa lokal. Perayaan Imlek akan dirayakan dalam sebuah festival tradisional yang unik, yang dikenal sebagai Grebeg Sudiro, sebelum malam tahun baru. 

Kata "grebeg" biasa digunakan dalam perayaan-perayaan tradisional Jawa. Tak berbeda dengan perayaan "grebeg" lainnya, festival ini juga menghadirkan parade "gunungan"(sebuah kerucut raksasa yang berisi berbagai macam buah, sayuran, atau kue yang nantinya jadi 'rebutan’ penonton. Tradisi ini didasarkan pada ajaran Jawa yang mengatakan: ora Babah ora mamah, yang berarti "tidak ada makanan tanpa sebuah perjuangan".

 

2. Selatpanjang, Kepulauan Riau

Selatpanjang memiliki tradisi yang diadaptasi dari tradisi masyarakat Thailand untuk merayakan Imlek. Tradisi yang disebut dengan Cian Cui (Perang Air) ini merupakan tradisi perayaan Imlek yang dilakukan selama 6 hari berturut-turut. Masyarakat berkumpul di pinggir jalan dan sebagian lainnya berkeliling menggunakan becak untuk saling menyiramkan air.

Uniknya, perayaan ini tidak hanya diikuti oleh etnis Tionghoa saja, tetapi siapapun warga Selatpanjang selalu antusias berpartisipasi—dalam Festival Cian Cui ini tanpa memandang etnis. Festival Cian Cui kini menjadi aset wisata Selatpanjang. Banyak wisatawan mancanegara yang meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Selatpanjang pada saat festival ini berlangsung.

 

3. Singkawang, Kalimantan Barat

Kota Singkawang bisa dibilang sebagai daerah dengan perayaan Imlek paling meriah di antara kota-kota di Indonesia lainnya. Sama halnya dengan Selatpanjang, Singkawang juga dijadikan alternatif destinasi wisata terutama pada saat perayaan Imlek. Di tahun 2018 ini, sepuluh ribu lampion akan dipasang di pusat kota dan hiasan kedua belas shio pun akan turut menghiasi kota Singkawang pada perayaan Imlek hingga Cap Gomeh nanti.

Demi menambah kemeriahan perayaan Imlek, Pemerintah Kota Singkawang juga mengajak partisipasi warga Singkawang untuk mengikuti beberapa macam perlombaan seperti lomba hias kampung, lomba mobil hias, kompetisi barongsai, pemilihan Akoh dan Amoy, juga lomba karaoke.

 

 

Bagaimana? Sudah bisa menentukan suasana baru apa untuk merasakan hari raya Imlek yang akan datang? Apabila referensi di atas kurang menarik atau anda lebih senang menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga—namun tetap bisa merasakan suasana baru, kami dapat menyuguhkan solusi yang tak kalah menarik dengan mendekor dinding atau lantai rumah anda dengan Flexitile.


Mungkin anda bosan dan juga menginginkan suasana baru di halaman rumah atau Carport anda, Conbloc Internusa memiliki berbagai macam bentuk, warna, dan motif paving block yang mampu berikan pesona baru di hari raya Imlek bagi hunian anda.​

 

Please reload

Featured Posts

Batu Alam "Lentur" Ramah Lingkungan

July 12, 2016

1/3
Please reload

Recent Posts

April 30, 2018