top of page

"Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa"? Berpuasa Justru Menyehatkan


 

Semenjak menjelang Ramadan, sudah marak sekali himbauan untuk menjaga kesehatan saat berpuasa—lengkap dengan iklan-iklan suplemen bernada serupa. Hal ini agak kurang tepat nampaknya apabila melihat fakta bahwa ​​​​​​justru puasa itu sendiri adalah cara untuk menyehatkan tubuh.

Secara psikis, puasa dapat menanggulangi depresi dan stres untuk sebagian orang karena mereka belajar untuk mampu mengendalikan diri. Tak hanya itu, setelah beberapa hari berpuasa peningkatan endorfin dalam darah akan memberikan perasaan sehat secara mental.

Di samping itu, ada beberapa manfaat lain bagi tubuh jika kita berpuasa seperti:

  • Menjaga berat badan

Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Penurunan berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.

  • Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa. Ini dikarenakan berkurangnya resistensi insulin yang memicu diabetes. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih menyeluruh. Faktor-faktor lain seperti pola makan dan olahraga teratur juga berperan besar dalam hal ini.

  • Membantu memperbaiki kondisi medis

Dengan diiringi pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, berpuasa dapat membantu memperbaiki kondisi radang usus besar, radang sendi, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis

  • Membantu menghilangkan kecanduan

Berpuasa adalah cara yang tepat bagi anda yang memiliki kecanduan akan makanan tertentu sebab pada saat berpuasa anda berhenti mengkonsumsi makanan atau sesuatu yang menimbulkan kecanduan seperti kopi, makanan manis, rokok, makanan cepat saji, dll

Dilihat dari manfaatnya, berpuasa memang jadi hal yang perlu dilakukan bagi kita—baik yang diwajibkan maupun tidak. Ini momen yang tepat untuk menjalani hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang mengganggu kesehatan tubuh. Jadi, tunggu apa lagi?

 

Dengan berjalannya bulan ramadan yang hampir berakhir, keluarga besar PT Conbloc bersama Flexitile mengucapkan selamat berpuasa bagi anda yang masih menjalankannya. Semoga kita semua bisa sampai pada penghujung bulan Ramadan dan mencapai hari kemenangan serta amal ibadah kita semua diterima sepenuhnya oleh Yang Maha Kuasa.


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
whatsapp.png
bottom of page